Tentang yang Harus dan Tak Boleh dilakukan (2)

Senin, 08/02/2010

Menyambung ulasan sebelumnya..

11. Hilangkan kebiasaan buruk, seperti memainkan ujung rambut, mengunyah permen karet, gemetar, atau mengusap hidung. Ini menimbulkan citra buruk Anda di mata rekruiter.

12. Ingat hal-hal penting saat interview yaitu, jabat tangan, senyuman, kontak mata, gunakan suara tegas dan intonasi yang jelas.

13. Hindari sebisa mungkin keseringan menggumam. Kata-kata seperti "umm...", "oh..." atau "ya gitu deh". Perhatikan setiap detail kata-kata yang mengalir dari mulut Anda. Meski bukan kata-kata formal dan baku. Bersikaplah sopan maka rekruiter akan merasa dihargai, dan pasti akan menambah nilai plus untuk Anda.

14. Bawalah beberapa copy aplikasi dan resume Anda. Usahakan sebaiknya resume berbeda model dan dalam berbagai versi, sesuaikan dengan tipe perusahaan yang akan Anda lamar.

15. Manfaatkan waktu Anda untuk membangun hubungan baik dengan rekruiter. Tetapi jangan sampai Anda terkesan memonopoli waktu mereka.

16. Jangan hanya mondar-mandir di depan booth perusahaan, lalu menginterupsi pembicaraan yang sedang berlangsung. Anda akan dicap sebagai pengganggu. Sebaiknya tunggulah giliran Anda berbicara dan bersikaplah sopan.

17. Kenakan busana yang menunjukan profesionalitas Anda. Pilih baju yang "aman" dan sepatu yang nyaman. Ungkapan "Don't judge the book by its cover", tidak akan berlaku saat pameran pekerjaan atau job fair. Karena kebanyakan rekruiter tidak hanya melihat "otak" Anda tetapi juga penampilan Anda.

18. Jangan buang-buang kesempatan untuk membangun jaringan. Baik dengan rekruiter, para pencari kerja yang lain atau dengan para profesional lain yang hadir di Job fair tersebut.

19. Jangan katakan hal yang buruk mengenai kampus Anda, pekerjaan dan perusahaan Anda sebelumnya, atasan atau supervisor Anda.

20. Pastikan Anda bertanya mengenai keseluruhan proses rekruitmen, tetapi jangan terlalu banyak bertanya mengenai gaji, waktu untuk libur, dan apa saja yang bisa Anda dapat di perusahaan itu. Ingat, Anda belum memberikan kontribusi apa-apa untuk perusahaan tersebut, jadi jangan dulu menuntut terlalu banyak.

21. Berinisiatiflah untuk menanyakan proses selanjutnya, dan siapkan diri untuk hal tersebut.

22. Anda mungkin akan di hubungi via telepon atau email mengenai hasil dari proses rekruitmen tersebut. Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih saat Anda dinyatakan berpeluang untuk bergabung di perusahaan mereka. Bukan hal yang sulit dilakukan. Nilai Anda akan semakin naik. Dari hal kecil yang berefek besar! *Suaramerdeka 080210

Read Users' Comments (0)

0 Response to "Tentang yang Harus dan Tak Boleh dilakukan (2)"

Posting Komentar